PADUKUHAN SAMPEL LOMBA DESA BANJAREJO TAHUN 2017

Tugas input 2 17 Maret 2017 14:39:44 WIB

Pada hari selasa tanggal 11 April tahun 2017 Desa Banjarejo mendapatkan giliran untuk mewakili kecamatan Tanjungsari agar bersaing dengan 18 Desa lainnya sebagai perwakilan dari masing-masing Kecamatan yang ada di Gunungkidul dalam rangka Lomba Desa tahun 2017. Sehubungan dengan hal tersebut  dari 21 Padukuhan yang ada di wilayah Desa Banjarejo Padukuhan Keruk I, Keruk II , Keruk III, dan Keruk IV  mendapatkan amanah Dari Kepala Desa dan juga Ketua tim Perlombaan Desa  Banjarejo untuk menjadi Padukuhan Sampel.   

Sejak pertengahan bulan Februari tahun 2017 Padukuhan Keruk I, Keruk II, Keruk III dan Keruk IV  Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul mulai disibukkan dengan berbagai persiapan untuk menyongsong acara tersebut. Segala persiapan sengaja dilakukan jauh jauh hari dikarenkan sebagai padukuhan sampel, Padukuhan Keruk I, Keruk II, Keruk III, dan Keruk IV diharuskan melaksanakan berbagai kegiatan yang acuannya adalah untuk memberikan gambaran utuh kepada Tim penilai tentang keberhasilan apa yang sudah dilaksanakan Padukuhan ini selama 2 tahun terakhir. Entah dari segi pembangunan infrastruktur, tertib administrasi, kebersihan, ketertiban, dan keamanan lingkungan. Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa makna tersirat yang dapat diperoleh dari diwakilkannya Padukuhan Keruk sebagai sampel padukuhan. “Kegiatan tersebut merupakan moment yang dapat menggerakkan warga masyarakat untuk lebih meningkatkan rasa kebersamaan, gotong royong, dan rasa kepeduliaan terhdap kebutuhan bersama” tutur Bapak Sugi selaku kepala Padukuhan Keruk III.

Beberapa kegiatan ataupun acara yang akan dilaksanakan di padukuhan sampel antara lain adalah, Upacara adat Gumbregkan yang akan dilaksanakan di pekarangan rumah Bapak Paijan Keruk IV, Kemudian dilanjutkan dengan Posyandu lansia bertempat di Rumah Ibu Dukuh eka Suryanti Keruk II, disambung dengan Percontohan Pos Ronda dan simulasi penangkapan penjahat bertempat di Pos Ronda Padukuhan Keruk IV, setelah itu kegiatan Forum Anak bertempat di Rumah Bapak Sardi keruk IV, Posyandu Balita dan pos BKD di rumah Bapak Dukuh sugi Keruk III, kemudian Pagelaran Gejog Lesung di pelataran Rumah Bapak Sudiyo Keruk IV, Pemanfaatan Lahan Pekarangan bertempat di pelataran Bapak Sugiyo keruk III, TPA dan Kesenian rebana bertempat di Masjid Al hikmah Keruk III,Rumah Sehat di Rumah Bapak Supriyono Keruk III, dan terakhir pemaparan Administrasi Padukuhan, UMKM, dan pos sadar HIV bertempat di Balai Padukuhan. Sebagai hiburan kepad a para Tim penilai dan warga masyarakat akan dipentas kan paguyuban Reog Catur mAnungggal dari Padukuhan Keruk IV dan juga panggung hiburan khusus yang akan dilaksankan di Lapangan Keruk.

Berbagai rencana kegiatan tersebut sangat atunsias ditanggapi oleh warga masyarakat keruk, mereka segera mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Mulai dari pembenahan pagar rumah, pemasangan bendera yang sesuai dengan aturan yang resmi, kebersihan lingkungan dan banyak hal lain yang persiapkan dengan tulus ikkhlas dan swadaya berbagai kebutuhan yang dibutuhkan demi keberhasilan padukuhan keruk menjadi padukuhan sampel mewakili desa banjarejo.

Semoga berbagai persiapan yang telah warga lakukan dengan pengarahan dari bapak/ibu panitia , akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan harapan, dari padukuhan sampel dapat memperoleh nilai yang maksimal agar bisa membantu akumulasi nilai untuk keberhasilan Desa Banjarejo melaksanakan perlombaan ini.

 

Komentar atas PADUKUHAN SAMPEL LOMBA DESA BANJAREJO TAHUN 2017

mas Darmo 20 Maret 2017 10:57:25 WIB
semangat gaes

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi BANJAREJO

tampilkan dalam peta lebih besar